Pendahuluan Teknologi Informasi

Pendahuluan

Sebagai seorang pemula dalam kerasnya dunia komputer, utamanya yang mengikrarkan diri bercita-cita sebagai seorang programmer, tentunya harus memiliki pemahaman dasar-dasar pemrograman, kuat dalam analisa, terampil dalam matematika dan algoritma. Tulisan pertama saya ini, mengajak pembaca yang masih awam terkait dengan pemrograman komputer, untuk kembali mengingat bagaimana semestinya berpikir secara terstruktur sehingga dapat dituangkan ke dalam code-codeprogram. Tutorial kali ini akan membahas bagaimana kita mengenal bahasa pemrograman dan compiler. Yuk langsung saja kita ke TKP!
Pengertian Bahasa Pemrograman
Dalam dunia perkodingan sering kali kita mendengar istilah-istilah, "coding", "mrogram dulu gan", "pakai bahasa apa bikinnya" dan aneka istilah lainnya. Perbedaannya adalah jika kita "belajar memprogram" adalah kita sedang belajar tentang strategi pemecahan masalah, metodologi dan sistematika pemecahan masalah kemudian menuangkannya ke dalam suatu notasi yang disepakati bersama. Singkatnya belajar memprogram lebih bersifat pemahaman persoalan, analisis, sintesis. Sedangkan jika kita "belajar bahasa pemrograman" adalah kita sedang belajar memakai suatu bahasa, aturan sintaks (tata bahasa) dan intruksi untuk dapat kita menuangkan perintah-perintah kita ke dalam komputer. So, sampe disini jelaskan perbedaannya? Anda perlu paham dulu "memprogram" untuk memecahkan permasalahan, lalu kemudian anda tuangkan ke dalam "bahasa pemrograman". Sehingga komputer dapat memahami perintah anda, tutorial ini membahas belajar bahasa pemrograman sehingga anda diharapkan sudah memiliki kemampuan pemecahan permasalahannya.
Dalam pembahasan ini kita akan menggunakan bahasa C sebagai media pembelajarannya dengan compilernya menggunakan Code Blocks. Bahasa C merupakan salah satu dari Bahasa tingkat tinggi dalam dunia pemrograman dan sudah memiliki struktur yang jelas. Sedangkan compiler Code Blocksmerupakan compiler Bahasa C yang bersifat open source. Artinya compiler ini bebas di download oleh siapa saja yang ingin belajar bahasa C. Nah setelah kita paham dan sepakat tentang penjelasan diatas, yuk lanjut install compiler kita.
Cara Install compiler CodeBlocks
Anda bisa mendapatkannya di http://www.codeblocks.org/downloads/binaries#windows. Setelah instaler selesai diunduh (download) silakan lakukan prosedur instalasi standar. Langkahnya sebagai berikut.
1. Buka installer CodeBlocks dengan cara mengeklik file installer dua kali
2. Setelah muncul kotak dialog klik "next"
3. Kemudian muncul Licence agreement, klik "I Agree"
4. Kemudian pilih lokasi instalasi dan secara default, instalasi akan dilakukan di C:\Program Files\CodeBlocks. Jika sudah terpilih lokasi yang diinginkan, maka klik "Install".
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.